homescontents

Kue Nagasari: Kelezatan Tradisional yang Tetap Lembut dan Menggoda

Kue Nagasari adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis dan tekstur lembutnya. Namun, terkadang kue Nagasari dapat menjadi keras setelah beberapa waktu penyimpanan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat Kue Nagasari agar tidak keras. Dengan beberapa tips dan trik sederhana, Anda dapat menghasilkan Kue Nagasari yang lezat dan tetap nikmat dalam waktu yang lebih lama. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram tepung beras
  • 500 ml santan kental
  • 250 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  • Pisang kepok matang secukupnya, potong menjadi 2 bagian
  • Pisang raja secukupnya, potong menjadi 2 bagian (opsional)
  • Daun pisang untuk membungkus Nagasari

Langkah-langkah Membuat Kue Nagasari agar Tetap Lembut

  1. Pertama, siapkan wadah besar, masukkan tepung beras ke dalamnya. Tambahkan garam dan aduk rata.
  2. Panaskan santan kental di dalam panci. Masukkan daun pandan dan gula pasir ke dalam santan. Panaskan hingga gula larut dan santan hangat.
  3. Tuangkan santan yang sudah dipanaskan ke dalam wadah berisi tepung beras. Aduk perlahan hingga adonan menjadi lembut dan tercampur rata.
  4. Pastikan adonan tepung beras tidak terlalu cair atau terlalu kental. Jika terlalu cair, tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit santan.
  5. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar tepung beras dapat mengembang dengan baik.
  6. Setelah adonan istirahat, panaskan kukusan dengan api sedang. Olesi daun pisang dengan minyak tipis-tipis agar adonan tidak menempel pada daun.
  7. Ambil selembar daun pisang, letakkan sejumput adonan tepung beras di atasnya. Ratakan adonan tepung beras hingga membentuk lapisan tipis di atas daun pisang.
  8. Letakkan potongan pisang kepok atau pisang raja di tengah lapisan adonan tepung beras. Lipat daun pisang menjadi dua untuk membungkus adonan dan pisang.
  9. Ulangi proses yang sama untuk adonan dan pisang yang tersisa hingga adonan habis.
  10. Kukus Nagasari dalam kukusan yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang. Periksa kelenturan ketan dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar bersih, berarti Nagasari sudah matang.
  11. Angkat Nagasari dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Tips agar Kue Nagasari Tetap Lembut dan Tidak Keras

  1. Gunakan santan kental berkualitas baik. Santan yang berkualitas akan memberikan kelembutan dan kelezatan pada Kue Nagasari.
  2. Jangan terlalu lama mengukus Nagasari. Jika dikukus terlalu lama, Nagasari dapat menjadi keras. Periksa kelenturan ketan dengan tusuk gigi saat mengukus dan angkat segera setelah matang.
  3. Simpan Nagasari dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik cling wrap untuk menjaga kelembutannya.
  4. Hindari menyimpan Nagasari di tempat yang terkena udara langsung atau sinar matahari yang dapat membuatnya cepat keras.

Nikmati Kue Nagasari yang Tetap Lembut dan Menggoda Selera

Dengan tips dan trik di atas, Anda dapat membuat Kue Nagasari yang tetap lembut dan tidak keras. Nikmati