Root blower adalah sebuah alat yang bisa dibilang mirip ring blower dengan tujuan dibuat untuk menyediakan udara terutama oksigen. Udara yang dihasilkan tentu saja lebih besar dari ring blower. Alat ini banyak dimanfaatkan untuk instalasi pengolahan air limbah, tambak ikan dan udang karena tempat-tempat tersebut membutuhkan suplai oksigen yang terbilang cukup besar.

Fungsi root blower  seringkali disebut sebut mirip dengan ring blower padahal kedua alat tersebut punya kemampuan yang berbeda. Seperti misalnya untuk root blower sendiri punya kemampuan tegangan sampai 10000 mmAq sementara untuk ring blower hanya punya maksimal tegangan sampai 7500 mmAq. Cara penggunaannya juga tentu berbeda di mana root blower menggunakan motor dengan sabuk sementara ring blower menggunakan penggerak motor secara langsung. Dan ring blower tidak menggunakan pelumas sementara root blower memakai minyak pelumas.

Fungsi Root Blower

Secara umum fungsi dari root blower bisa diaplikasikan pada beberapa jenis industri yang di dalamnya terdapat pengolahan limbah.

1. Pertambangan

Yang pertama pada industri pertambangan, di mana pada pertambangan ada yang namanya proses ekstraksi mineral padat seperti batubara, besi, pasir, kerikil dan masih banyak lagi serta cairan dan gas utama gas alam. Industri pertambangan menggunakan root blower untuk proses penggalian dan penggilingan, penghancuran, pengapungan, eksplorasi dan pencucian bahan yang ditambang.

2. Makanan Dan Minuman

Pada industri makanan dan minuman root blower juga punya fungsi yang penting. Dimana air merupakan komponen utama pada industri makanan dan minuman, oleh karena itu alat ini digunakan untuk membantu proses desinfeksi, pemanasan dan pencucian, pendinginan, serta membawa limbah ke saluran pembuangan lalu mengangkut produk dan masih banyak lagi.

3. Tekstil

Industri juga menggunakan air dalam jumlah besar untuk proses pengoperasian. Meliputi pewarnaan hingga penggunaan bahan kimia khusus dan bahan kimia akhir. Di dalamnya ada proses perendaman dan pencampuran yang membutuhkan alat berupa penyedia udara.

4. Pulp Dan Kertas

Industri pulp dan kertas juga menjadi pengguna air terbesar di dunia. Pada setiap tahap proses pembuatan pasti industri ini menggunakan air dan menghasilkan lumpur dalam jumlah besar pula.

5. Minyak dan Gas

Yang terakhir ada industri minyak dan gas yang membutuhkan air untuk produksi bahan bakar. Alat dibutuhkan dalam pengeboran, perawatan dan proses pendinginan, rekahan hidrolik hingga penggunaan internal.

Cara Kerja Root Blower

Pada industri yang menghasilkan limbah, cara kerja root blower berbeda-beda.

  • Diffused Aeration, di mana bakteri digunakan dalam pengolahan limbah dan membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Dalam proses ini udara terkompresi menggunakan blower lalu dilepaskan di bawah permukaan air limbah untuk memastikan bahwa bakteri dapat menerima pasokan udara yang cukup dan berkelanjutan. Hal ini membuat proses pengolahan air limbah tetap konsisten
  • The Activated Sludge Process, proses ini yaitu proses lumpur aktif memisahkan flokulan yang merupakan padatan tersuspensi dari air limbah melalui sedimentasi. Limbah memasuki tangki dengan udara bertekanan rendah, yang dimasukkan lewat kisi-kisi diffuser.
  • Lagoon Aeration, aerasi laguna banyak terjadi di area pedesaan dengan tanaman berukuran kecil sampai besar. Laguna tanah dangkal berfungsi untuk aerasi dan tangki penampung pada kolam perawatan yang menghasilkan oksidasi biologis air limbah. Pada bagian ini sistem udara tersebar dan dirancang dengan baik serta menggunakan setengah energi sebanyak air ASI permukaan.

Selain itu, root blower juga banyak dimanfaatkan untuk proses MBR, MBBR, SBR, dan anaerobic digestion. Untuk yang membutuhkan Alat berupa root blower Anda bisa menemukan alat tersebut di distributor Pedro GIL. Di mana Pedro GIL adalah perusahaan manufaktur internasional yang fokusnya pada pembuatan alat blower, pada sistem vakum dengan teknologi canggih.

Salah satu distributor terbaik dari Pedro GIL adalah PT Intidaya Dinamika Sejati. Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi intidayads.com.